TUGAS KETIGA : CONTOH PARAGRAF GENERALISASI, ANALOGI DAN SEBAB-AKIBAT(KAUSALITAS)

Paragraf generalisasi ini merupakan salah satu dari paragraf induktif dimana paragraf induktif ini disusun mengikuti pola penalaran induktif. Paragraf ini disusun dengan cara menguraikan beberapa kalimat penjelas yang berisi fakta, bukti, contoh, atau ilustrasi sebagai data empiris yang bersifat khusus pada awal paragraf dan diakhiri dengan kalimat utama sebagai kesimpulan yang bersifat khusus. Paragraf generalisasi ini disusun dengan cara menyajikan beberapa kalimat penjelas sebagai alasan bersifat khusus untuk diambil sebuah kesimpulan bersifat umum pada akhir paragraf sebagai kalimat utama.

Contoh Paragraf Generalisasa
Saya sebagai mahasiswi gunadarma yg kuliah di jurusan akuntansi ,saya bercita cita untuk menjadi seorang akuntan . Adapun salah satu persyaratan untuk menjadi seorang akuntan yaitu saya harus telah lulus sekolah tinggi dengan mengambil jurusan akuntansi dan sudah mendapatkan sertifikat akuntansi publik.

Paragraf Analogi adalah penalaran dengan cara membandingkan dua hal yang banyak menandung persamaan. Dengan kesamaan tersebut dapatlah ditarik kesimpulannya. Paragraf analogi ini merupakan bagian paragraf induktif.

Contoh Paragraf Analogi
Sebagai seorang akuntan harus mempuntai sifat teliti sabar dan tidak panikan , karena menghitung laporan keuangan memang benar-benar harus fokus dan teliti, jika tidak kemungkinan besar mendapatkan hasil yg tidak balance. Sama halnya dengan membuat CAKE dengan resep baru, apabila tidak pas dalam memilih bahan pasti kue tersebut akan gagal (bantet) jadi tidak enak dilihat apalagi dimakan . Jadi fokuslah dalam mengerjakan sesuatu hal yang sedang kamu kerjakan jika ingin mendapatkan hasil yg kamu inginkan.

Paragraf Sebab-akibat Paragraf sebab akibat adalah paragraf yang pernyataan menjadi sebab didahulukan kemudian diikuti akibat yang ditimbulkannya. Paragraf sebab akibat ini dikembangakn dengan proses berfikir kausatif. Proses berfikir ini menyatakan bahwa suatu sebab akan emnimbulkan akibat. Sebab menjadi ide pokok dan akibat menjadi ide penjelas. Hubungan sebab akibat ini dapat dibagi menjadi beberapa macam, yaitu: satu sebab menimbulkan satu akibat, satu sebab menimbulkan banyak akibat, serta sebab akibat berantai.

CONTOH PARAGRAF SEBAB AKIBAT (KAUSALITAS)
Saya melanjutkan kuliah di gunadarma memilih jurusan akuntansi , karena saya dulu SMK mengambil jurusan akuntansi jadi saya hanya menambah dan memperdalam wawasan mengenai segala macam yang berhubungan dengan akuntansi ,.
Kebanyakan mahasiswa yang salah dalam memilih jurusan dalam kuliahnya karena ikut-ikutan teman atau asal dalam memilih jurusan. Akibatnya membuat dia tidak menggerti dan harus belajar dari awal lagi dalam perkuliahan di jurusan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s